Kandungan dan Manfaat Petai Bagi Kesehatan

petaiKandungan dan Manfaat Petai Bagi Kesehatan –
Mungkin kedengeran agak ekstrim ya sobat, manfaat petai ?! sebab ga semua orang doyan dengan namanya pete atau petai. Bahkan bisa di katakan jarang orang yang menyukai makanan yang satu ini, mungkin bisa dibilang bukan makanan, melainkan lalapan. Sebab umumnya petai dijadikan lalapan dengan ditemani sambal atau biasa juga dijadikan campuran dalam masakan. Banyak orang yang tidak menyukai petai dikarenakan baunya yang tak sedap, sepertihalnya dengan jengkol, jolang jaling dan lain – lain. Khusus untuk admin, admin sangat suka makan petai karena jika makan dengan didampingi petai, bisa menambah selera makan admin. Ya.. walaupun tidak terlalu sering admin mengkonsumsinya, karena baunya tersebut. Tapi tahukah sobat ? dibalik baunya yang tidak sedap tersebut, petai memiliki banyak manfaat loh… bahkan ada penelitian yang membuktikan bahwa petai bagus untuk otak. Nah ,, biar lebih jelasnya mari kita simak informasi berikut ini…

Kandungan Buah Petai / Pete

Dibandingkan buah apel, petai memiliki Kandungan protein empat kali lebih banyak, karbohidrat dua kali lebih banyak, tiga kali lipat fosfor, lima kali lipat vitamin A dan zat besi, dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya. Petai merupakan sumber energi yang baik, yaitu 142 kkal per 100 g biji. Petai mengandung tiga macam gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi tersebut mampu memberikan dorongan tenaga instan, tetapi cukup lama dan cukup besar efeknya. (Sumber Wikipedia).

Manfaat Petai / Pete Bagi Kesehatan

  • Atasi Anemia
    Anemia biasanya ditandai dengan gejala-gejala seperti tubuh lemas, letih dan kurang bersemangat. Anemia juga menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan konsentrasi dan nyeri pada persendian tulang. Hal ini, terjadi karena tubuh kekurangan zat besi. Kandungan zat besi yang tinggi dalam petai sangat bermanfaat untuk mengurangi anemia atau kurang darah.
  • Kurangi Depresi dan Stres
    Ketika Anda mengalami stres atau bad mood, itu tandanya Anda kekurangan triptofan. Triptofan adalah suatu asam amino esensial yang apabila dikonsumsi, maka akan diubah menjadi serotonin, yang mampu mempengaruhi sistem kerja saraf dan berfungsi memperbaiki mood. Stres juga berisiko mempercepat metabolisme tubuh dan mengurangi kalium dalam tubuh. Kalium berguna menstabilkan detak jantung dan memperlancar aliran oksigen ke otak. Ketika stres, Anda memerlukan lebih banyak kalium untuk tubuh. Petai memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi.
  • Menyehatkan mata dan meningkatkan konsentrasi
    Petai memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi, yaitu 200 IU per 100 mg. Seperti diketahui, vitamin A bermanfaat untuk menjaga kesehatan kornea mata. Kalium dalam petai juga dapat meningkatkan konsentrasi dan kemampuan otak, sehingga baik untuk membantu mereka yang kesulitan dalam belajar.
  • Mengurangi Tekanan Darah Tinggi dan Mencegah Stroke
    Riset membuktikan bahwa petai dapat mengurangi resiko kematian akibat stroke hingga 40%. Kandungan kalium yang tinggi, namun rendah garam dalam petai mampu menstabilkan detak jantung. Tekanan darah yang terjaga akan menurunkan risiko terserang penyakit jantung dan gejala stroke. Bahkan The New England Journal of Medicine merilis hasil penelitian yang menyebutkan, mengonsumsi petai secara teratur mampu menurunkan risiko kematian akibat stroke hingga 40 persen.
  • Memperlancar Pencernaan
    Serat juga banyak terkandung dalam petai. Serat atau fiber berguna memperlancar pencernaan. Bagi Anda yang sering mengalami gangguan pencernaan seperti konstipasi atau sembelit, mengonsumsi petai akan sangat membantu mengurangi penderitaan Anda. Petai juga memiliki efek antasid pada tubuh. Jika Anda merasa mual dan begah karena makan terlalu banyak, petai mampu mengurangi rasa sakit tersebut.
  • Kemampuan Otak
    200 siswa di Twickenham (Middlesex) tertolong dengan mudah melalui ujian pada tahun ini karena memakan petai pada saat sarapan, istirahat, dan makan siang. Riset telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu belajar dengan membantu siswa semakin waspada.

Namun walaupun petai sangat bermanfaat bagi kesehatan, tetap dianjurkan untuk tidak terlalu banyak dan sering mengkonsumsi petai , karena jika petai di konsumsi terlalu banyak bisa bahayakan ginjal dan tentu juga mengakibatkan aroma kencing anda jadi tidak sedap.

Nah itualah informasi yang telah berhasil admin rangkum dari berbagai sumber, namun perlu di ingat bahwa kalau makan petai harus sering sikat gigi biar bau mulutnya tidak kemana mana , hehehe.. soalnya kasihan lawan bicara anda nanti jadi sulit bernafas karena menahan nafas akibat bau mulut anda. semoga informasi yg admin rangkum kali ini dapat bermanfaat.





Jika Ingin Berlangganan Artikel Gratis
Silahkan Masukan E-Mail Anda Di Bawah Ini

Silahkan Konfirmasi dengan Membuka E-Mail Anda
Delivered by FeedBurner



Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Anda dapat menggunakan tag dan atribut HTML: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>